http://sariaklaweh.blogspot.com/2015/07/kumpulan-artikel-ramadhan.html SIAPA BILANG ROKOK ITU HARAM? ~ SARIAK LAWEH

SIAPA BILANG ROKOK ITU HARAM?

Sariaklaweh.blogspot.com:--Tidak dapat kita pungkiri, bahwa sampai saat ini kita masih dihadapkan pada kontroversinya hukum merokok. Apakah itu halal, mubah, makruh, atau justru haram sama sekali. Setiap pendapat tersebut memperoleh tempat di pendukungnya masing-masing. Dan tidak jarang membawa dalil-dalil yang diartikan menurut kepentingan masing-masing. Disina saya hendak membawa pembaca sekalian pada pemikiran saya tentang rokok.

Rokok menurut segelintir orang merupakan suatu kebutuhan, bahkan seringkali kita memperoleh jawaban saat kita menanyakan “kenapa saudara merokok?” jawaban mereka beragam. Mulai dari iseng, ngikut teman, dah kebutuhan dan banyak lagi jawaban yang disuguhkan oleh penikmat benda berbahan baku tembakau tersebut. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh, halal haramnya rokok, saya hendak menanyakan beberapa hal tentang rokok.

Pertama, apa yang ada di benak pembaca sekalian ketika melihat anak kecil, baik itu adek, sepupu atau siapapun dia memegang sebatang rokok lantas menghirupnya laksana orang dewasa. Saya yakin dan percaya ada satu celah di dalam diri pembaca, di dalam hati pembaca sekalian hendak mencegah, melarang, bahkan melarang mereka. Agar tidak melakukan hal tersebut. dan tidak sedikit juga yang mengancam kalau melakukan hal tersebut akan dibeginikan dan begitupun apabila itu dilakukan oleh anggota keluarganya sendiri, tidak penting siapa kita, perokok ataupun tidak, naluriah kita akan menggiring agar memberontak dengan sendirinya.  Berarti itu tandanya merokok itu tidak baik. Right??? Dan saya rasa ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah yang artinya “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan” (QS. Al Baqarah: 195).

Kedua, dinas kesehatan menyebutkan bahwa “perokok pasif itu jauh lebih berbahaya dari perokok aktif bahkan jika dibandingkan resiko perokok pasif itu 3 kali lebih beresiko dibandingkan perokok aktif”. Karena siapa mereka jadi perokok pasif”? tentu jawaban dari pertanyaan ini terlalu mudah unutk dijawab bahkan anak SD pun jika ditanya mereka akan spontan menjawab “tentunya dari perokok aktif” Nah…!!! Bukankah merokok itu membahayakan orang lain? Sejalankah dengan hadist Rasullullah SAW yang berbunyi “Tidak boleh memulai member dampak buruk(mudhorat) pada orang lain, begitupun membalasnya.”(HR. ibnu Majah no 2340, Ad daruguthni 3/77, Al Baihaqi 6/69, Al Hakim 2/66 kata syeikh Al Albani hadist ini shahih).

Ketiga, apa hukumnya mengganggu orang shalat? Lho…., apa hubungannya mengganggu orang sholat dengan merokok? Ngawur ini.!!!! Sssssst….. tunggu dulu!!!, Coba pembaca renungkan, ketika ada seseorang yang tengah khusuknya sholat, tengah meresapi bagaimana dahsyatnya berbicara dan bermanja dengan Tuhannya, tiba-tiba kekhusyukan itu buyar dan terganggu hanya karena bau rokok yang masih tersisa bahkan tak jarang bau itu begitu kentara oleh mulut mereka yang sudah saking kecanduan akan rokok. Kata Allah “Dan siapa yang lebih aniaya daripada orang yang menghalang-halangi menyebut nama Allah dalam mesjid-mesjidNya, dan berusaha untuk merobohkannya? Mereka itu tidak sepatutnya masuk ke dalamnya (mesjid Allah),kecuali dengan rasa takut(kepada Allah). Mereka di dunia mendapatkan kehinaan dan di akhirat mendapat siksa yang berat.(QS. Al Baqarah: 114)

Berdasarkan yang telah kita bahas barusan, masihkah hukumnya merokok itu masih perlu kita perdebatkan? Tentu semua berpulang pada pembaca sekalian. Ini bukan fatwa, bukan juga peraturan bukan juga ijma’ ulama, hanya goresan tarian jemari penulis yang sengaja penulis posting, berharap pembaca sekalian dapat memperoleh manfaat darinya. Salam Sariak Laweh.