http://sariaklaweh.blogspot.com/2015/07/kumpulan-artikel-ramadhan.html Whatsapp Dibeli Facebook, Apa Dampaknya? ~ SARIAK LAWEH

Whatsapp Dibeli Facebook, Apa Dampaknya?

Akhirnya whatsapp dibeli facebook, sesuatu yang telah diramalkan sejumlah pengamat sebelumnya. Layanan aplikasi whatsapp Messenger memang mengalami perkembangan yang luar biasa cepat. Bahkan layanan pesan yang menggunakan multi platform ini sebelumnya diprediksi akan mampu menyaingi Facebook, jejaring social paling terkemuka saat ini.
Whatsapp Dibeli FacebookPembelian Whatsapp oleh Facebook ini masih menjadi berita hangat dalam seminggu terakhir. Mark Zuckerberg, pemilik Facebook, menggelontorkan tak kurang kurang dari 19 miliar dollar AS atau sekitar Rp 223 triliun untuk membeli Whatsapp, suatu angka yang menurut para analis termasuk sangat fantastic terutama karena Whatsapp dinilai sebagai pemain baru.

Namun demikian, dengan melihat potensinya yang luar biasa, sebenarnya cukup wajar Facebook mengeluarkan dana sebanyak itu. Apalagi Mark Zuckerberg cukup cerdik dengan tidak memberikan semua nilai penjualan itu dalam bentuk uang tunai. Hanya sekitar US $4 miliar saja yang diberikan dalam bentuk kas, sedangkan lainnya dalam bentuk saham.

Apa konsekuensi dari strategi bisnis semacam ini? Coba saja hitung, saat ini jumlah pengguna Whatsapp tercatat telah mencapai sekitar 450 juta orang. Angka ini memang jauh di bawah pengguna facebook yang telah mencapai 1,2 miliar pengguna. Dari pengguna Whatsapp itu setiap harinya tak kurang mengirimkan sekitar 50 miliar pesan tanpa ada iklan sedikit pun terselip dalam layanan itu. Nah, jika setiap pesan itu nantinya disisipi iklan oleh Facebook, tentu ini merupakan harta karun yang tak ternilai.

Selain itu, segmen pengguna Whatsapp yang sebagian besar dari kalangan remaja dan kaum muda yang sangat aktif, merupakan taktik brilian Facebook menyusul banyaknya kaum muda di seluruh dunia yang mulai meninggalkannya. Apalagi segmen dari kalangan muda ini pula yang telah membesarkan Facebook selama ini.

Selain itu, dengan memberikan saham kepada para pemilik dan karyawan Whatsapp, tampaknya Facebook hendak mengikat mereka untuk terus mengembangkan layanan mobile itu karena track atau jalur yang sudah bagus dijalani layanan tersebut. Apalagi kabarnya Facebook belum akan melakukan merger, sehingga masing-masing akan berjalan seperti selama ini. Nah, perubahan apa yang akan terjadi setelah Whatsapp dibeli Facebook, kita tunggu saja perkembangannya.

(sumber: http://sosmed.blogekstra.com/joesck/facebook/whatsapp-dibeli-facebook-apa-dampaknya.html )