http://sariaklaweh.blogspot.com/2015/07/kumpulan-artikel-ramadhan.html KANTOR WALI NAGARI SARIAK LAWEH DI BANGUN DI SAWAH PADANG ~ SARIAK LAWEH

KANTOR WALI NAGARI SARIAK LAWEH DI BANGUN DI SAWAH PADANG

peserta rapat tampak antusias mengikuti musyawarah
Rapat yang berlangsung di Mesjid Almuwahhidin Joroang Nagari Gadang Kenagarian Sariak Laweh tertanggal 23 Mei 2014 dengan agenda pemilihan tempat akan dibangunnya Kantor Wali Nagari Sariak Laweh, di hadiri oleh setiap elemen dan lapisan masyarakat, mulai dari BAMUS, KAN, niniak mamak, CALEG terpilih, pemuka masyarakat, generasi muda Sariak Laweh, sertai tidak ketinggalan Forum Pedulu Anak Nagari Sariak Laweh. Rapat yang berlangsung lebih kurang 5 jam tersebut cukup alot, dikarenakan animo masyarakat cukup tinggi, mengingat mereka ingin ikut andil dalam perobahan Sariak Lawh ke depan dan kearah yang lebih baik tentunya.

Menurut salah seorang peserta rapat Deded Perihamdani  saat kami hubungi via telepon ada 2 opsi utama yang muncul, dimana opsi pertama Kantor Wali Nagari di bangun di joroang Nagari Gadang, tepatnya di Tarok dekat SMP 1 Kec. Akabiluru. Ini di usulkan mengingat lokasi yang dimaksud sangatlah strategis karena berdekatan dengan kantor camat dan  koramil sehingga memudahkan masyarakat dalam pengurusan surat-menyurat. Akan tetapi setelah ditinjau lebih jauh ternyata nagari harus menyediakan ganti rugi tanah senilai Rp. 250 juta sedangkan dana DAK yang turun hanya untuk pembangunan fisik bukan untuk penyediaan lahan. Sedangkan  opsi kedua di joroang sawah padang, menyediakan hibah lahan untuk pembangun Kantor Walinagari Sariak Laweh dengan catatan harus membangun satu tempat ibadah/mushalla.

Setelah perdebatan panjang maka mengerucutlah pada satu kesimpulan yaitu, Kantor Wali Nagari Sariak Laweh akan di bangun di joroang Sawah Padang. Tentu saja ini disambut sukacita oleh warga joroang Sawah Padang, karena mereka bisa ikut andil dalam pembangunan kantor Wali Nagari tersebut, dan memberikan dampak yang positif bagi mereka hendaknya.

Syafni Kulin Ketua Forum Peduli Anak Nagari Sariak laweh
Pembangunan yang dibahas bukan sekedar pembangunan fisik belaka tetapi juga di bahas bagaimana Sariak Laweh ke depannya. Mulai dari segi perekonomian, keamanan dan apa upaya kita dalam menangkal kemerosotan aqidah. Tentunya ini semua memerlukan dukungan dari setiap elemen masyarakat. Pertemuan kali ini memberikan arti penting bagi masyarakat Sariak Laweh, karena disini terlihat bagaimana kesungguhan masyarakat Sariak Laweh ingin membangun nagarinya untuk yang jauh lebih baik lagi. Sikap mufakat/musyawarah adalah ciri utama masyarakat Sariak Laweh di samping sikap kegotongroyongannya. Sambil meneriakkan  “are…are….are….” deded menutup teleponnya. (APH)