http://sariaklaweh.blogspot.com/2015/07/kumpulan-artikel-ramadhan.html PUASAKU TOTALITAS, RAMADHANKU BERKUALITAS DAN IMANKU NAIK KELAS ~ SARIAK LAWEH

PUASAKU TOTALITAS, RAMADHANKU BERKUALITAS DAN IMANKU NAIK KELAS


Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang ditunggu- tunggu kehadiranya oleh umat muslim sedunia. Hadirnya bulan Ramadhan merupakan kebahagiaan bagi umat Baginda Nabi Muhammad
Sholallahu ‘Alaihi Wasallam semenjak 14 abad silam.

Bahkan sebelum datangnya bulan Ramadhan jutaan umat Islam di dunia sudah membangun persepsi positif akan hadirnya, lewat doa “Allahumma bariklana fi Rajab wa Sya’ban wa balighna Ramadhan (Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami di bulan Ramadhan)”.

Doa ini diajarkan oleh guru-guru kita semenjak dahulu, jauh sebelum bulan itu dating, agar kitab bisa mempersiapkan bekal menjalankan ibadah selama sebulan penuh di bulan Maghfirah ini.

Layaknya orang yang dinanti- nanti, dipersiapkan segala sesuatu untuk dapat memaksimalkan kebersamaan dengannya. Tampa melewatkan waktu walau hanya sejenak. Hingga masanya ia kembali pergi lagi untuk sebelas bulan atau bisa jadi ini pertemuan terakhir dengan bulan di turunkannya Alquran tersebut.

Begitupun dengan keluarga besar SDIT ARROYYAN ingin mengabadikan momen Ramadhan ini di hati Ananda sholeh sholehah nya mengisi harin dengan ibadah-ibadah terbaiknya. Hal ini sejalan dengan edaran dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota dalam kegiatan Pesantren Ramadhan. Maka untuk mengisi kegiatan Pesantren Ramadhan di bulan yang teramat Istimewa ini SDIT ARROYYAN mengangkat tema “Puasaku Totalitas, Ramadhanku berkualitas dan imanku naik kelas.

Adapun kegiatan-kegiatannya diisi dengan Dzikir pagi, Sholat Dhuha, Tahsin memperbaiki bacaan quran dan juga kajian-kajian yang menambah Tsaqofah Islamiah siswa dan majelis guru. Materi kajiannyapun beragam, mulai dari fiqih, adab-adab seorang muslim, siroh nabawiyah dan juga siroh sahabat.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut bisa membantu Ananda dalam mengisi Ramadhan tahun ini penuh totalitas sehingga kualitas Ramadhan tahun ini naik kelas dari Ramadhan-ramadhan sebelumnya.