http://sariaklaweh.blogspot.com/2015/07/kumpulan-artikel-ramadhan.html MAMBANTAI TRADISI TURUN TEMURUN DI SARIAK LAWEH ~ SARIAK LAWEH

MAMBANTAI TRADISI TURUN TEMURUN DI SARIAK LAWEH

Sariaklaweh.blogspot.com:--Mambantai menurut bahasa adalah menyembelih hewan sedangkan menurut istilah mambantai sejatinya adalah mempertahankan tradisi turun-temurun yang yang dulu telah dilakukan oleh generasi pendahulu nagari sariak laweh, adapun mambantai biasanya dilakukan pada hari terakhir ramadhan atau sehari sebelum hari raya idhul fitri dan sehari setelah idhul adha, dan jenis hewannya adalah sapi.

sumber gambar: Facebook Ikatan Keluarga Besar Sariak laweh

 Daging hasil dari mambantai tersebut bakal dijadikan rendang, sop, cancang, balua, dan berbagai bentuk olahan lainnya. ini semua bakal dihidangkan dalam jamuan saat saudara datang bersihlaturrahmi. 

Adapun balua adalah makanan olahan dari daging yang setelah dibersihkan dikasih bumbu dan dikeringkan beberapa hari, minggu bahkan berbulan-bulan. Setelah kering bisa disajikan dengan cara digoreng dan dibakar. 

Budaya mambantai sejatinya adalah budaya turun temurun dari leluhur sariak laweh yang mesti dipertahankan anak nagari sariak laweh, begitupun akan masakan-masakan khasnya tak terkecuali balua. (ade prima hendra)